ISTILAH-ISTILAH COVID-19


Nama                   : Mirat Susanti
NPM                     : 8820118020
Prodi                   : PBSI
Tingkat/Semester : 2/4


COVID-19

Singkatan dari coronavirus disease 2019 atau penyakit koronavirus 2019. CO adalah singkatan dari korona, VI singkatan dari Virus, D memiliki arti disease atau penyakit. Sementara, 19 mewakili tahun di mana virus ditemukan pertama kali yakni 2019. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2).
Istilah-istilah Covid
1.      Social Distancing, maknanya adalah upaya untuk menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia. Jarak yang dianjurkan sekitar dua meter.
2.      Karantina, maknanya adalah langkah memisahkan dan membatasi pergerakan orang sakit maupun sehat yang diduga memiliki penyakit menular, untuk melihat apakah mereka benar-benar terinfeksi.
3.      Isolasi, maknanya adalah langkah memisahkan orang sakit yang memiliki penyakit menular dari orang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.
4.      Lockdown, maknanya adalah situasi di mana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan gedung atau area karena sebuah keadaan darurat. Protokol ini biasanya hanya bisa diajukan oleh seseorang dalam posisi otoritas seperti pemimpin negara atau daerah.
5.      Virus, maknanya adalah merupakan parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Bereproduksi dengan memanfaatkan sel makhluk hidup karena tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.
6.      Epidemi maknanya adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yang menyerang secara cepat.
7.      Pandemi, maknanya adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar.
8.      Endemi, makananya penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu.
9.      Self-limiting-Disease
Penyakit yang gejalanya bisa sembuh sendiri. Namun tidak berarti bahwa perawatan medis tak berpengaruh pada kesembuhan pasien yang lebih cepat.
10.  Superspreader-(PenularSuper)
Sebutan bagi orang yang menyebabkan orang lain sakit dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari biasanya.
11.  ODP(Orang-Dalam-Pemantauan)
maknanya semua orang yang berasal dari negara yang sudah diyakini terjadi penularan antar manusia. Pemantauan dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila orang tersebut sakit, sehingga bisa dengan segera dilakukan pengecekan.
12.  PDP (Pasien Dalam Pengawasan) maknanya adalah apabila ODP sakit dengan gejala yang mengarah ke influenza sedang atau berat seperti batuk, flu, demam, dan gangguan pernapasan, maka secara langsung dijadikan PDP.
13.  Suspect, maknanya adalah apabila PDP memiliki riwayat kontak dengan orang lain yang confirm positif COVID-19 maka dia menjadi suspect.
14.  Imported Case, maknanya adalah Pasien tertular saat ada atau setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.
15.  Self Quarantine, maknanya yaitu karantina memisahkan dan membatasi pergerakan orang yang terkena penyakit menular untuk melihat apakah mereka sakit atau tidak.
16. Flattening the curve

‘Flattening the curve’ atau ‘pelandaian kurva’ merupakan istilah di bidang epidemiologi untuk upaya memperlambat penyebaran penyakit menular yang dalam hal ini adalah COVID-19, sehingga fasilitas kesehatan memiliki sumber daya yang memadai bagi para penderita. Pelandaian kurva ini dapat dilakukan dengan social distancing, karantina, dan isolasi.
Kurva menggambarkan prediksi jumlah orang yang terinfeksi virus Corona dalam rentang waktu tertentu. Jumlah penderita yang meningkat drastis dalam periode yang sangat singkat, misalnya hanya dalam waktu beberapa hari, digambarkan sebagai kurva tinggi yang sempit.

17.  Disinfektan, maknanya adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit.

18.  APD yaitu Alat Pelindung Diri maknanya kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang disekelilingnya.

19.  Pembersih tangan ( Hand sanitizer ) cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi agen infeksi pada tangan.

20.  Orang Tanpa Gejala ( OTG ) maknanya kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID-19, sehingga memiliki resiko tertular COVID-19.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary 15

AUTOBIOGRAFI MIRAT SUSANTI

Diary 15